PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL TERHADAP PENGETAHUAN REMAJA TENTANG BAHAYA MEROKOK

Afnijar Wahyu, nn Ernawati

Abstract

ABSTRACT

Adolescence is a transition period between childhood and adolescence namely between 12 to 21 years.The Failure in the control of the social skills can cause aberrant behavior.one form of juvenile delinquency that might not receive social or breach of moral status is cigarettes. The method is done in this research the type of this research done by using research design pre experiments in one group one group pretest-posttest design is a design no group comparison (Control), but most do not already in complete first observation (pretest) which allows testing the changes that occurred after the experiment (program). Before conducted health education using audiovisual first performed the measurement of knowledge and then measured again the level of knowledge after the given health education using audiovisual. This research results obtained from SMPN 7 Tanjungpinang with the number of respondents 41 students with value ρ 0,000<0.05. So the influence of health education using audiovisual has enough influence significant so that p < 0.05 Ho rejected indicates the influence of health education use of learning media audiovisual toward knowledge teenagers about the dangers of smoking on students SMP 7 Tanjungpinang.

 

ABSTRAK

Remaja merupakan masa peralihan antara masa anak dan masa dewasa yakni antara 12 sampai 21 tahun.Kegagalan dalam menguasai keterampilan sosial tersebut dapat menyebabkan perilaku menyimpang.Salah satu bentuk kenakalan remaja yang tidak dapat di terima sosial atau pelanggaran status moral adalah rokok. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini Jenis penelitian ini dilakukan dengan menggunakan rancangan penelitian pra eksperimen dalam satu kelompok rancangan one gruop pretest posttest adalah rancangan yang tidak ada kelompok pembanding (kontrol), tetapi paling tidak sudah di lakukan observasi pertama (pretest) yang memungkinkan menguji perubahan-perubahan yang terjadi setelah adanya eskperimen (program). Sebelum dilakukan pendidikan kesehatan menggunakan audiovisual terlebih dahulu dilakukan pengukuran pengetahuan, kemudian diukur lagi tingkat pengetahuannya setelah diberikan pendidikan kesehatan menggunakan audiovisual. Hasil penelitian ini diperoleh dari SMPN 7 Tanjungpinang dengan jumlah responden 41 siswa dengan nilai ρ 0,000<0,05. Sehingga pengaruh pendidikan kesehatan menggunakan audiovisual memiliki pengaruh yang cukup singnifikan sehingga p < 0,05 Ho ditolak menunjukkan adanya pengaruh pendidikan kesehatan menggunakan media pembelajaran audiovisual terhadap pengetahuan remaja tentang bahaya merokok pada siswa SMP Negeri 7 Tanjungpinang.

Keywords

Teenagers; Media Education; Audiovisual; Health Education; Remaja; Media Pendidikan; Audiovisual; Pendidikan Kesehatan

Full Text:

PDF
Copyright (c) 2019 JURNAL KEPERAWATAN
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.